Mencari Minggu ke Berapa dari Suatu Tanggal dalam Satu Tahun

Saya diberi tugas untuk membuat rencana penerimaan berdasarkan penerimaan tahun lalu yang dibagi dalam dwi mingguan.

Berarti saya harus memilah-milah data penerimaan tahun lalu berdasarkan tanggal dan minggunya. [Susah amat sih kata-katanya, maksud saya, tanggalnya itu jatuh di minggu ke berapa… kok tambah susah ya?🙂 ya udah, pokoknya gitu deh.]🙂

Saya menggunakan MsExcel. Fungsi yang saya gunakan adalah fungsi weeknum.

Apabila fungsi ini tidak tersedia di MsExcel Anda, dan memunculkan error #NAME?, berarti Anda harus meng-install add-in Analysis ToolPak.

  1. Dari menu Tools, Klik Add-Ins
  2. Dalam daftar Add-Ins available, beri tanda centang pada Analysis ToolPak, kemudian klik OK.
  3. Kalo dalam daftar itu, Analysis ToolPak belum ada, berarti Anda harus menambahkan dari instalasi Office.

Cara menggunakannya dengan sintaks berikut :

WEEKNUM(serial_num;return_type)

  • serial_num adalah tanggal dalam suatu minggu. Tanggal jangan dalam bentuk text.
  • return_type adalah nomor yang menujukkan pada hari apa sebuah minggu itu dimulai. Default-nya adalah 1.

Return_type Dimulainya Minggu
1 Minggu dimulai pada hari Ahad.
2 Minggu dimulai pada hari Senin.

Contoh :

Tanggal Minggu ke- Formula
01/01/2007 1 =WEEKNUM(E6;1)
01/01/2007 1 =WEEKNUM(E7;2)
08/01/2007 2 =WEEKNUM(E8;1)
08/01/2007 2 =WEEKNUM(E9;2)
09/03/2008 11 =WEEKNUM(E10)
09/03/2008 10 =WEEKNUM(E11;2)

Semoga bermanfaat.

5 Tanggapan

  1. susyeh yee shor… ampe nggambleh ..hehhe
    peace man !!!

    Do you Agloco?
    haha

  2. Terima kasih, sangat bermanfaat bagi saya yg. tiap hari bergelut dengan excel.

  3. Mantab kali..
    Mas Acoy pulang…internet langsung idup.
    He..he..he…
    Tanya kenapa????

    Gitu hidup buka blog-ini-
    Dapat ilmu deh satu..
    Coba ah….

  4. Kalo misal saya punya data 9512 itu artunya tahun 1995 minggu ke 12. mau saya convert ke format dd-mm-yyyy gimana?

    ada tidak yach caranya?

    terimakasih sebelumnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: